Warga Kota Medan Tetap Boleh Sholat di Masjid Walau PPKM Darurat

- Minggu, 11 Juli 2021 | 21:06 WIB
Wali Kota Medan Bobby Nasution. [Suara.com/Muhlis]
Wali Kota Medan Bobby Nasution. [Suara.com/Muhlis]

MEDAN PETISAH, AYOMEDAN.ID -- Kota Medan akan memberlakukan PPKM Darurat per Senin, 12 Juli sampai dengan 20 Juli 2021. Wali Kota Medan Bobby Nasution mengatakan, meskipun PPKM Darurat diterapkan, tetapi pelaksanaan sholat di masjid tidak dilarang.

Di samping itu, masyarakat tetap diperbolehkan melaksanakan takbiran menyambut Idul Adha 2021, asalkan tidak menyebabkan kerumunan.

Sedangkan pelaksanaan Sholat Idul Adha 2021, Bobby mengimbau masyarakat tidak melakukan sholat berjamaah di masjid ataupun di lapangan, melainkan sholat di rumah masing-masing. 

"Pemkot Medan dan seluruh unsur Forkopimda sepakat bahawasannya takbiran tidak dilarang. Namun yang dilarang melakukan takbiran keliling ataupun yang menyebabkan kerumunan. Masjid sama sekali tidak di tutup. Kami minta untuk melaksanakan shalat di rumah masing-masing," imbau Bobby, mengutip Suara.com, Minggu, 11 Juli 2021.

Sementara pemotongan hewan kurban juga masih diperbolehkan di masjid-masjid, namun sistem pembagian daging kurban dilakukan secara door to door atau diantar langsung ke masyarakat.

Hal itu dilakukan untuk mengurangi kerumunan dan akan dilakukan pengawasan dari kepling, kelurahan, kecamatan, Babinsa dan Bhabhinkantibmas.

Pemkot Medan juga akan melakukan penyekatan di 18 titik ruas jalan di Kota Medan. Di mana lima titik masuk ke Kota Medan yang berbatasan antara Deliserdang dan Binjai. 

Dalam tiga hari ke depan, pihaknya juga akan melakukan sosialisasi namun tetap dilakukan penyekatan di pintu masuk Kota Medan. 

Di 5 titik penyekatan nantinya masyarakat yang akan masuk ke Kota Medan terlebih dahulu akan di cek suhu tubuhnya. Jika di atas 37,5 derajat celcius akan dilakukan rapid antingen atau swab PCR. Jika terkonfirmasi positif, petugas akan langsung merujuk ke rumah sakit.]

Halaman:

Editor: Ananda M. Firdaus

Tags

Terkini

Terpopuler

X