Idul Adha 2021, Ibadah dan Tradisi Dibatasi, Wisata Dilarang

- Minggu, 18 Juli 2021 | 10:45 WIB
ilustrasi momen idul adha (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)
ilustrasi momen idul adha (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

JAKARTA, AYOMEDAN.ID -- Satgas Penanganan Covid-19 menerbitkan surat edaran (SE) Nomor 15 Tahun 2021 terkait pembatasan pada Idul Adha 2021.

Aturan itu berlaku efektif selama satu pekan penuh, mulai Minggu, 18 Juli 2021 hingga Minggu, 25 Juli 2021.

Meski surat edaran ini terbit, namun edaran atau aturan-aturan sebelumnya baik dari Satgas Covid-19 atau dari kementerian/lembaga/pemerintah daerah tetap berlaku.

Hal itu disampaikan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam keterangan persnya, Sabtu, 17 Juli 2021.

“Pada prinsipnya perubahan kebijakan nasional yang dilakukan ini bukan bertujuan untuk membingungkan masyarakat, namun semata-mata berusaha untuk tetap adaptif dengan kondisi saat ini," ujar Wiku.

Adapun pertimbangan dari penetapan kebijakan baru dari Satgas Covid-19 adalah pengalaman libur panjang yang mengakibatkan peningkatan laju penularan. 

Laju penularan itu kemudian menciptakan penularan klaster rumah tangga.

Selain itu, untuk optimalisasi fungsi satgas daerah/pemerintah daerah dalam pengendalian laju penularan di seluruh daerah sesuai kriteria levelnya.

“Pemerintah telah mengeluarkan penetapan kondisi per daerah secara nasional dengan pedoman dan target pengendalian spesifik melalui Instruksi Menteri Dalam Negeri yang berlaku di tahun 2021," kata dia.

Halaman:

Editor: Ananda M. Firdaus

Tags

Terkini

Terpopuler

X