Sudah Salip India, Luhut Binsar Panjaitan Sebut Covid-19 Indonesia Terkendali

- Kamis, 15 Juli 2021 | 18:00 WIB
Luhut Binsar Pandjaitan. (Republika)
Luhut Binsar Pandjaitan. (Republika)

JAKARTA, AYOMEDAN.ID -- Indonesia digadang-gadang jadi episentrum Covid-19 baru di kawasan Asia setelah menyalip India pada tambahan kasus harian positif Covid-19. 

Bahkah kemarin, Rabu, 14 Juli 2021, Indonesia mencatat rekor terbaru penambahan kasus postif dalam sehari, sampai sebanyak 54 ribu kasus.

Meski begitu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, kasus Covid-19 Indonesia relatif masih terkendali.

Dia menyandingankannya dengan kebijakan PPKM Darurat yang membatasi mobilitas masyarakat.

 "Tentu kita harus cermat lihat ini PPKM Darurat ketat relatif naik, tapi terkendali," ujar Luhur, dikutip dari Republika, Kamis, 15 Juli 2021.

Di samping itu, ssaat ini pemerintah masih melakukan evaluasi dan pengamatan perihal kebijakan PPKM. Apalagi, hingga 14 Juli kemarin yang terkonfirmasi positif covid ada 54.517 orang.

Luhut mengatakan angka ini kemungkinan bisa naik lagi. Namun, kata dia, hal ini dikarenakan varian delta yang baru ini memang punya penularan enam kali lebih cepat dari varian lama.

Ini mengindikasikan bahwa penularan memang bisa saja lajunya cepat. Namun dia berharap agar masa inkubasi akibat terpapar varian delta ini antara 14-21 hari. 

"Ini bisa saja naik, tapi kita harap kalau masalah inkubasi delta ini antara 14-21 hari, jadi itu yang kita lihat," ujar Luhut.

Halaman:

Editor: Ananda M. Firdaus

Tags

Terkini

Terpopuler

X