Menteri Kesehatan Minta Masyarakat Tidak Timbun Obat Covid-19 di Rumah

- Selasa, 13 Juli 2021 | 14:59 WIB
ilustrasi obat. (Freepik)
ilustrasi obat. (Freepik)

JAKARTA, AYOMEDAN.ID -- Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meminta masyarakat untuk tak menyimpan obat Covid-19 di rumah. 

Menurut dia, seharusnya obat-obatan tersebut dibeli dengan resep dokter dan diberikan di rumah sakit.

Meski mungkin memberi rasa nyaman masyarakat karena telah mempunyai stok obat, namun itu mengancam orang yang membutuhkan.

"Jadi kalau ini kita stok ini di rumah, saya mengerti karena itu memberikan rasa nyaman, tapi itu mengurangi kans satu orang yang membutuhkan untuk mendapatkan akses dan dia bisa mati," ujar Budi, melansir Republika, Selasa, 13 Juli 2021.

Selain itu dirinya juga mengimbau kepada perusahaan besar untuk tidak membeli obat Covid-19.

Ia memahami bahwa niat perusahaan baik untuk memberikan perlindungan kepada karyawannya, namun demikian hal tersebut justru akan menyulitkan mereka yang membutuhkan obat.

"Tolong bantu diimbau ke semua perusahaan besar tidak usah membeli, karena kalau dia membeli, 10.000 dia beli, itu ada 10.000 orang yang kehilangan chance-nya (kesempatanya) yang benar-benar membutuhkan. Jadi biarkan mekanis secara medis berlaku," ungkapnya.

Budi menegaskan bahwa obat Covid-19 bukan untuk disimpan sebagai cadangan untuk rasa aman.

Menurutnya cara-cara menyimpan atau membeli obat dengan jumlah besar akan membahayakan masyarakat yang benar-benar membutuhkan.

Halaman:

Editor: Ananda M. Firdaus

Tags

Terkini

Terpopuler

X