Luhut: Vaksinasi ke Daerah Marjinal, Beras dan Obat Terapi Covid-19 Gratis

- Selasa, 13 Juli 2021 | 09:25 WIB
Luhut Binsar Pandjaitan. (Republika)
Luhut Binsar Pandjaitan. (Republika)

JAKARTA, AYOMEDAN.ID -- Pemerintah akan memberikan bantuan gratis obat terapi Covid-19 untuk pasien OTG dan gejala ringan yang menjalani isolasi mandiri. Demmikian disampaikan Koordinator PPKM Darurat Luhut Binsar Panjaitan.

“Presiden sudah memutuskan tadi, mulai Rabu minggu ini kita akan launching ada 300 ribu paket obat,” ujar Luhut, Senin, 12 Juli 2021.

Menurut Luhut, paket obat terapi Covid-19 ini diberikan berdasarkan paket. 

Paket 1 untuk pasien OTG sebanyak 10 persen, Paket 2 untuk pasien bergejala demam dan hilang indra penciuman atau anosmia sebanyak 60 persen, dan Paket 3 untuk pasien bergejala demam dan batuk sebanyak 30 persen.

“Paket obat ini akan menjangkau hampir 210 ribu kasus aktif yang kita berikan. Dan ini akan berlangsung selama beberapa bulan ke depan," katanya.

Distribusi obat terapi Covid-19 ini akan dilakukan oleh TNI bersama-sama elemen-elemen yang lain. "Prosedurnya sudah disusun sehingga itu bisa jalan,” ujar Luhut.

Selain itu, Luhut menyampaikan, pemerintah juga akan segera memberikan bantuan sosial berupa beras kepada masyarakat, yang akan didistribusikan oleh TNI dan Polri.

Distribusi ini pula berlaku mulai Rabu, 14 Juli 2021. Sementara beras yang dibagi antara 5-10 kg. “Perintah Presiden tidak boleh rakyat sampai kelaparan atau tidak makan," katanya.

Lalu luhut mengatakan bahwa program vaksinasi Covid-19 pekan ini mulai menyasar ke daerah terpencil.

Halaman:

Editor: Ananda M. Firdaus

Tags

Terkini

Terpopuler

X